MODIFIKASI PERAN KELUARGA BAGI PENDERITA GANGGUAN JIWA: Studi Kasus pada Keluarga dengan Anggota Keluarga Psikotik Polimorfik Akut Tanpa Gejala Skizofrenia

Rapikah Rapikah, Nurjannah Nurjannah

Abstract


Penelitian ini merupakan sebuah studi untuk mengetahui apakah keluarga dapat memberikan intervensi yang berpengaruh dan dapat membantu bagi anggota keluarga dengan gangguan jiwa. Penelitian ini bersifat kualitatif, di mana peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study) yang berfokus secara intensif pada sebuah keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan gangguan jiwa. Hasil yang ditemukan adalah bahwa terdapat beberapa perilaku yang dapat dilakukan oleh keluarga untuk memberikan pengaruh positif bagi penderita gangguan jiwa.

References


Apollo, & Cahyadi, A. (2012). Konflik Peran Ganda Perempuan yang Menikah dan Bekerja ditinjau dari dukungan Sosial dan Keluarga dan Penyesuaian Diri. Widya Mandala Madiun.

Ardani, T. A., Rahayu, I., & Sholichatun, Y. (2007). Psikologi Klinis. Graha ilmu.

Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo.

Bart, S. (1994). Psikologi Kesehatan. PT. Gramedia Widiasama Indonesia.

Dewi, D. S. K. (2020). Strategi Pemerintah Kabuaten Ponorogo dalam Penanganan Penderita Kesehatan Jiwa. 1(2), 176–188.

Farkhah, L., S, S., & Hernawaty, T. (2017). Faktor Caregiver dan Kekambuhan Klien Skizofrenia. 5(1), 37–46.

Fathullah, & Fitrianingsih, S. (2013). Gangguan Psikotik Akut Dan Sementara. Upf/Lab Ilmu Kedokteran Jiwa Fk Unlam-Rsud Ulin Banjarmasin, 13.

Hasanah, H. (2016). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Isnawati, & Suhariadi. (2013). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Penyesuaian Diri Masa Persiapan Pensiun Pada Karyawan PT Pupuk Kaltim. Jurnal Psikologi Industri Dan Organisasi, 2(1), 261.

Jumri. (2020). Warga dengan Gangguan Jiwa [Personal communication].

King, L. A. (2012). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Salemba Humanika.

Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga Penanaman Nilai dan Penaganan Konflik Dalam Keluarga. PT Kencana Prenada Media Group.

Lubis, N., Krisnani, H., & Fedryansyah, M. (2015). PEMAHAMAN MASYARAKAT MENGENAI GANGGUAN JIWA DAN KETERBELAKANGAN MENTAL. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), Article 3. http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/13588

Maslim, R. (2013). Buku Saku Diagnosis Gangguan Jiwa. PT Nuh Jaya.

Mills, A. J., Durepos, G., & Wiebe, E. (2010). Encyclopedia of Case Study Research: L - Z; Index. SAGE.

Nawawi, H. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Gadjah Mada University Press.

Rafikah. (2018). Daftar Pemilih Tetap. Desa Karias Dalam.

Rahardjo, M. (2011). Metode pengumpulan data penelitian kualitatif [Teaching Resources]. http://repository.uin-malang.ac.id/1123/

Saifudin, M. (2013). PERAN KELUARGA DENGAN KEMAMPUAN MERAWAT DIRI ANAK RETARDASI MENTAL (RM) SEDANG. Journals of Ners Community, 4(1), 36–43.

Samah, N. (n.d.). HUBUNGAN ANTARA GANGGUAN PSIKOTIK AKUT DENGAN INSOMNIA PADA PASIEN BARU DI POLI RAWAT JALAN RSJ DR. RADJIMAN WEDIODININGRAT LAWANG, KABUPATEN MALANG PERIODE JANUARI - FEBRUARI 2019.

Sandra, D. (2018). PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANAK YANG TERABAIKAN OLEH ORANG TUANYA MENJADI TKI KE LUAR NEGERI DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 39 TAHUN 1999 TENTANG HAK ASASI MANUSIA [Undergraduate Thesis]. Universtas Pasundan.

Wulansih. (2008). Hubungan Antara Tingkat dan Sikap Keluarga dengan Kekambuhan Pasien Skizofenia di RSUD Surakarta.


Article Metrics

Abstract view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published by:
Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam Indonesia
Islamic Guidance and Counseling Room, Faculty of Da'wah and Communication Building, First Floor, State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga, Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta, Indonesia, Postal Code 55281

ISSN (p) : 2685-5453
ISSN (e) : 2685-8509

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.