PENGABDIAN MASYARAKAT MELALUI KONSELING KELUARGA SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) DI KABUPATEN CIREBON

Jaja Suteja, Muzaki Muzaki

Abstract


Pada penelitian ini metode yang digunakan peneliti adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif lapangan (field research) dengan jenis deskriptif agar lebih dapat menggali informasi secara lebih luas dan detail dalam penjelasannya, dimana data yang dikumpulkan berupa pendapat, tanggapan, informasi, konsep-konsep dan keterangan yang berbentuk uraian dalam mengungkapkan masalah, gejala, maupun fenomena di masyarakat secara cermat, faktual, dan sewajarnya. Teknik pengumpulan datanya yakni dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi dengan informan yang dipilih secara sengaja berdasarkan kriteria dan pertimbangan (purposive sampling) yakni warga masyarakat di Desa Kepuh Kecamatan Palimanan, Desa Kedungdawa Kecamatan Kedawung dan Desa Bojong Gebang Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Hasil penelitian ini menghasilkan beberapa temuan yakni bahwa kasus-kasus kekerasan dalam rumah tangga di Kabupaten Cirebon semakin hari, semakin meningkat. Bahkan dalam kebanyakan kasus, pelaku yang menjadi penyebab kekerasan dalam rumah tangga dilakukan oleh pasangannya. Hanya saja, tidak sedikit pasangan yang sebenarnya menjadi korban KDRT akan tetapi masih enggan untuk melaporkannya kepada pihak yang berwajib dengan alasan masih mencintai pasangannya. Untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam keluarga tersebut, salah satunya dilakukan melalui konseling keluarga.Konseling keluarga bertujuanuntuk membantu anggota keluarga belajar menghargai secara emosional bahwa dinamika  keluarga adalah kait-mengait diantara anggota keluarga yang lainnya. Konseling keluarga Juga bertujuan untuk membantu anggota keluarga agar menyadari tentang  fakta, jika satu anggota  keluarga bermasalah, maka akan mempengaruhi kepada persepsi, ekspektasi dan  interaksi anggota-anggota lain.Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan temuan bahwa pelaksanaan konseling keluarga yang dilakukan oleh seorang konselor terhadap klien memiliki peranan yang sangat penting dalam pencegahan sekaligus tindakan kuratif dalam penyelesaian KDRT di masyarakat.

 

Kata Kunci: Pengabdian Masyarakat, Konseling Keluarga, Pencegahan, KDRT


Full Text:

PDF

References


Asro, Muhammad, 2016. Skripsi konseling dan pendampingan korban kekerasan di kabupaten cirebon.

Deslina Rajagukguk. 2014. Peranan Lembaga Swadaya Masyarakat Cahaya Perempuan Women’s Crisis Center (WCC) dalam Memberikan Perlindungan pada Korban Kekerasan dalam Berpacaran di Kota Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Fakih, Mansoer, 2001, Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Geldard, Kathryn & Geldard, David, 2011) Konseling Keluarga, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Hasyim, Nur dkk, 2007, Menjadi Laki-laki (Pandangan Laki-laki Jawa Tentang Maskulinitas dan Kekerasan Dalam Rumah Tangga), Yogyakarta: Rifka Annisa Women’s Crisis Center.

Hayati, Elli Nur . 2000. Konseling untuk Perempuan Korban Kekerasan. Yogyakarta: Rifka Annisa.

Hayati, Elli Nur, 2002, Panduan Pendampingan Perempuan Korban Kekerasan, Yogyakarta: Rifka Annisa Women’s Crisis Center.

Huwaidah. 2011. Model Bimbingan Korban Kekerasan Seksual Terhadap Anak dalam Perspektif Islam. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hurlock, Elizabeth, 1990. Psikologi Perkembangan¸Jakarta : Erlangga.

Jhon W. Creswell, Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Sage Publications Ltd. London EC2A : 2003.

Lestari, Sri, 2012. Psikologi Keluarga, Penananaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga, Jakarta : Kencana.

Moleong, Lexy J, 2004, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda.

Musnamar, Thohari, 1992. Dasar-dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islam, Yogayakarta : UII Press.

Nurihsan, Juntika Achmad,2011, Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan, Cet. 4, Bandung: Refika Aditama.

Puspita Dewi , Eva Meizaradan Basti. Jonflik Perkawinan Dan Model Penyelesaian Konflik Pada Pasangan Suami Istri. Jurnal Psikologi Volume 2, No. 1, Desember 2008

Sa’adah, 2018. Profil Wcc Mawar Balqis Kabupaten Cirebon.Cirebon : TP.

Sigiro, Atnike Nova, dkk. 2005. Jurnal Perempuan Untuk Pencerahan dan Kesetaraan. Jakarta Selatan : Yayasan Jurnal Perempuan.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

TIM Perumus, Undang-undang RI tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga. Jakarta : TP.

Willis, Sofyan, 2000. Konseling Keluarga (family Counseling), Jakarta : Alfabeta.

Zufatunni’mah, Siti 2013. Layanan Bimbingan dan Konseling Oleh Rifka Annisa WCC Yogyakarta Bagi Remaja Perempuan Korban Pelecehan Seksual. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogayakarta.

Media Online :

Perez dalam https://musniumar.wordpress.com/2012/07/09/pencegahan-dan-penanganan-kekerasan-dalam-rumah-tangga-kdrt/

Latipun dalam http://www.tempo.co/read/news/2014/03/08/063560496/2013-Kekerasan-terhadap-Perempuan-280-Ribu-Kasus




DOI: https://doi.org/10.15575/alisyraq.v2i1.26

Article Metrics

Abstract view : 518 times
PDF - 407 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Published by:
Perkumpulan Ahli Bimbingan Konseling Islam Indonesia
Islamic Guidance and Counseling Room, Faculty of Da'wah and Communication Building, First Floor, State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga, Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta, Indonesia, Postal Code 55281

ISSN (p) : 2685-5453
ISSN (e) : 2685-8509

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.