Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Problem Pemilihan Jurusan Ke Perguruan Tinggi

Wulan Endah Suryani

Abstract


Latar belakang penelitian ini ialah setelah melihat cukup banyak siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Imogiri yang merasa kesulitan untuk memilih jurusan ke perguruan tinggi. Pertama, kesulitan ini terjadi kerena siswa belum mengetahui bakat, minat, dan kemampuan yang dimiliki. Kedua, ditemukan keinginan siswa bertentangan dengan keinginan orangtua terhadap jurusan yang akan dipilih. Ketiga, siswa ingin melanjutkan ke perguruan tinggi namun terhalang oleh biaya atau ekonomi keluarga. Oleh sebab itu pentingnya bagi guru bimbingan dan konseling memberikan bantuan kepada siswa dalam menyelesaikan masalah memilih jurusan ke perguruan tinggi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk pemberian bantuan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa dalam menyelesaikan masalah memilih jurusan ke perguruan tinggi agar sesuai dengan bakat, minat dan potensi yang dimiliki pada siswa kelas XII tahun ajaran 2015/2016 di SMA Negeri 1 Imogiri. Subjek penelitiannya yaitu seorang guru bimbingan dan konseling dan tujuh siswa dari masing-masing kelas XII. Metode pengumpulan datanya  adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bentuk pemberian bantuan oleh guru bimbingan dan konseling kepada siswa dalam menyelesaikan masalah memilih jurusan ke perguruan tinggi agar sesuai dengan bakat, minat dan potensi yang dimiliki pada siswa kelas XII tahun ajaran 2015/2016 di SMA Negeri 1 Imogiri terdapat tiga bentuk layanan, yaitu pertama layanan informasi adalah layanan yang dilakukan dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada siswa tentang jurusan yang ada di perguruan tinggi. Kedua, layanan penempatan dan penyaluran adalah layanan yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling dengan memberikan pengarahan kepada siswa untuk dapat menyalurkan dan menempatkan diri pada bakat, minat dan potensi yang tepat. Ketiga, layanan konseling individu adalah layanan yang dilakukan oleh seorang guru bimbingan dan konseling kepada seorang siswa yang membutuhkan bimbingan secara tatap muka langsung dalam mengatasi permasalahan memilih jurusan ke perguruan tinggi.

 

Kata kunci: Layanan Bimbingan dan Konseling, Layanan Informasi, Layanan Penempatan dan Penyaluran, dan Layanan Konseling Individu

References


Andi Mappiare, Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Surabaya: Usaha Nasional, 1984.

Basri, A. S. H., Kecemasan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Dalam Menghadapi Dunia Kerja. Jurnal PMI Vol. XII. No 1 September 2014., http://www.aifis-digilib.org

Departemen Agama Republik Indonesia, Al Quran dan Terjemahanya, Semarang: CV Toha Putra Semarang, 2005.

Departement Pendidikan Dan Kebudayaan Repukblik Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

Dewa Ketut Sukardi, Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Hallen A, Bimbingan dan Konseling Dalam Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.

Hibana S. Rahman, Bimbingan dan Konseling Pola 17, Yogyakarta: UCY Press, 2003

I Djumhur dan Moh Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung: CV Ilmu, 1975.

Prayitno & Erman Amti, Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Saring Marsudi, Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah, Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2010.

Sofyan S. Willis, Konseling Individual Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta, 2013.

Sugiono, Metodelogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.

Tnp,http://redhayulaiana.blogspot.co.id/2012/10/peranan-guru-bk-dalam-pemilihan jurusan.html, diakses pada tanggal 12 januari 2016.

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah Madrasah Bebasis Integrasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.