Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy untuk Mengurangi Kecanduan Game Online pada Anak Sekolah Dasar

Fitriatun Solikhah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk mengurangi perilaku terhadap anak yang kecanduan game online. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa yang tergabung dalam kelompok eksperimen. 12 siswa tersebut terdiri dari 2 anak kelas IV, 2 anak kelas V dan 2 anak kelas VI, yang dibagi menjadi 2 golongan yaitu golongan dengan kategori sedang dalam bermain game online yang terdiri dari 6 siswa dan golongan dengan kategori kecanduan game online yang terdiri dari 6 siswa. Karakteristik subjek diantaranya : (1) Individu yang berusian 10 tahun sampai 13 tahun yaitu siswa kelas IV, V dan VI SD N Jumeneng, (2) siswa yang memiliki nilai 4 dan 5 dari angket pertimbangan subjek, (3) bersedia menjadi responden atau subjek penelitian ini. Kelompok eksperimen mendapat perlakuan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy selama 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan 120 menit yang dibagi menjadi 3 sesi. Desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala kecanduan game online yang disusun oleh peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan teknik Wilcoxon Signed Ranks untuk menguji beda skor dari dua sampel yang berpasangan yaitu data pre-test dan post-test pada kelompok eksperimen. Hasil Wilcoxon Signed Ranks menunjukkan bahwa pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy efektif untuk mengurangi kecanduan game online. Keduanya memiliki nilai Z dan P yang sama yaitu z= -2,201 dan p= 0,028.

Kata Kunci: Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy, Kecanduan Game Online


References


Aini, Hida Nur, Hubungan Pola Asuh Otoriter Dengan Kecanduan Game Online Pada Anak Usia Sekolah Dasar, Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora, Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga, 2014.

Arikunto, Suharsini, Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta 1990.

__________, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Basri, A. S. H., Kecenderungan Internet Addiction Disorder Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Ditinjau Dari Religiusitas, Jurnal Dakwah 2014, ejournal.uin-suka.ac.id

Chen, dan Chang, Asian Journal of Health and Information Sciences, Jurnal, American Academy of Business, 2008.

Corey, Gerald, Teori danPraktek Konseling dan Psikoterapi, Bandung: PT.Refika Aditama, 2005.

Detria, Efektivitas Teknik Manajemen Diri Untuk Mengurangi Kecanduan Online Game, Skripsi, Bandung: Jurusan Pendidikan dan Bimbingan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012.

Djarwanto, Statistik Nonparametrik, Yogyakarta: BPFE, 2011.

Fauzan, Abdul Aziz, “Dampak dan Cara Mengatasi Game Online”, makalah, Malang: tp., 2011.

Galih, Arif, , “Pengaruh Game Online Secara Sosial, Psikis, dan Fisik”, makalah Semarang : SMA Negeri 7 Semarang, 2011.

Hadayaningrat, Soewarno, Azaz-azaz Organisasi Manajemen, Jakarta: CV Mas Agung, 1995.

Hurlock, Psikologi Perkembangan Edisi Kelima, Jakarta, Erlangga, 2008.

Kartono, Kartini, Patologi Sosial 3, Jakarta : CV Rajawali, 1997.

Kasiram, Moh, Metodologi Penelitian, Malang: UIN-Maliki Press, 2008.

Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian, Jakarta: Gramedia, 1991.

Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1989.

Komalasari, Gantina, Eka Wahyuni dan Karsih, Teori dan Teknik Konseling, Jakarta: PT Indeks, 2011.

Latipun, Psikoloi Konseling, Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang, 2011.

Madyanti, Anisa Triana, Huungan Antara Intensitas Bermain Game Balapan Online Dengan Aggressive Driving Pada Remaja,Skripsi, Surakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah, 2011.

Marlina, Ni Putu, Huungan Antara Intensitas Bermain Game Balapan Online Dengan Aggressive Driving Pada Remaja, Marlina. Vol. 02. No. 3 (2014).

Ma’rifatul, Fitri, Penerapan Konseling Keluarga Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 21 Surabaya, Skripsi, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya, 2012.

Nastiti, Tri, Layanan Konseling Kelompok Behavioral Untuk Mengubah Perilaku Pacaran Siswa Kelas IX SMP N 2 Suruh, Skripsi, Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana, Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP, 2012.

Nurgiyanto, Burhanudin, dkk., Statistik Terapan Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2012.

Nuryati, Lusi, Psikologi anak, Jakarta: PT Indeks, 2008.

Nuwawi, Hadari, Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2007.

Pilpala, Triharini K. S., Pengembangan Konseling Kelompok Untuk Peningkatan Pengelolaan Diri Pada Remaja Yang Kecanduan Game Online, Sktipsi, Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2013.

Rahayu, Praptiana, Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavioral terhadap perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMK Perintis 29 Ungaran Tahun Ajaran 2014/2015, Prapitina. Vol. 01. No.1 (2014).

Rifit, Ainur, Bimbingan Konseling Islam Dengan Terapi Behavior Dalam Menangani Kasus Seorang Remaja Yang Kecanduan Game Online di Desa Suko Sidoarjo, Skripsi, Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel, 2011.

Sanditamirin, Winsen, Adiksi Bermain Game Online Pada Anak Usia Sekolah Di Warung Internet Penyedia Game Online Jatinagor Sumedan,Skripsi, Universitas Padjadjaran, 2012.

Saputro, Gede.E.D., dkk, “Internet Game Online”, makalah. Yogyakarta: Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, 2009.

Saraswati, Komang Ary, dkk., Penerapan Konseling Behavioral Teknik Penguatan Positif Untuk Meningkatkan Keteranpilan Berkomunikasi Antar Pribadi Siswa, Saraswati. Vol. 1. No. 1 (2013).

Suciati, Konseling Keluarga I-Cacho-E Untuk Mengurangi Kecanduan Bermain Game, Tesis, Semarang: Universitas Negeri Semarang, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitati Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta, 2012.

Sukandarrumidi, Metodologi penelitian: petunjuk praktis untuk peneliti pemula,, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2012.

Suratnoaji, Catur, Model Pengembangan Diet Media TV Sebagai Penangkal Kecanduan Anak Terhada Media TV dan Dampak Negatifnya, Dosen Ilmu Komunikasi, Jawa Timur: UPN Veteran, 2011.

Susanto, Astrid S., Pendapat Umum, Bandung: Bina Cipta, 1975

Tresna, I Gede, Efektivitas Konseling Behavioral Dengan Teknik Desentralisasi Sistematis Untuk Mereduksi Kecemasan Menghadapi Ujian (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2010/2011),Edu Sentris. Vol. 1. No. 3 (2014).

Usman, Husain, dan Purnomo Setyadi Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2000.

Willis, Sofyan S., Konseling Individual Teori dan Praktek, Bandung: CV Alfabeta, 2011.

Young, K. S. Internet addiction: symptoms, evaluation, and treatment. Innovations in Clinical Practice, Volume 17, Professional Resource Press, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.